IHSG crash, apa yang harus kita lakukan kedepannya?

Pada tanggal 3 agustus 2020 saya memberikan sebuah peringatan tentang crash IHSG disalah satu akun medsod saya. Waktu itu investor asing melakukan jual cukup besar dalam sehari total penjualan nya 1,4 trilyun. Namun setelahnya tidak dikuti dengan kejatuhan harga market malah rebound tinggi hingga menyentuh level 53XX. Yang jadi perhatian saya waktu itu market naik tinggi tetapi nett sell asing setiap hari makin besar, dan investor lokal makin gencar membeli. langkah saya waktu itu berkebalikan dengan yang dilakukan banyak teman teman investor yang makin gencar buy, saya justru melepas hampir semua portfolio menjadi uang cash.

Kekawatiran saya dua hari ini terbukti, secara tiba tiba hari kamis tgl 10 september 2020 ihsg dibanting hingga minus 5%. Tentunya masih dengan out flow yang besar hampir tembus 1 trilyun. Yang lebih aneh lagi ihsg jumat ini berhasil rebound namun asing jualan lebih gede lagi, sesi pertama sudah mencapai 1,7trilyun rupiah. 

dengan kondisi saat ini saya mempunyai pendapat bahwa IHSG bakal jatuh lebih dalam lagi kedepannya. Sebagai full time trader tentu prioritas utama saya saat ini adalah keamanan modal. Ingin tahu langkah selanjutnya dengan kondisi market yang sedang tidak bersahabat ini. Silahkan gabung di t.me/investorsahamcorner

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kode Broker Saham Terbaru BEI

Benarkah Analisa Technical Tidak Berguna?

Perusahaan Rugi, Tapi Sahamnya Melambung. Kita Harus Apa?