Perusahaan Rugi, Tapi Sahamnya Melambung. Kita Harus Apa?


Ditengah kondisi ekonomi yang masih sangat sulit ini banyak perusahaan yang kondisi keuangan nya sangat memprihatinkan. Banyak sektor saham yang tidak mampu untuk sekedar balik modal, contohnya bisnis angkutan. Dari data terakir sektor ini mencatatkan kerugian tiap bulannya kurang lebih 15 triyun rupiah. Belum lagi sektor property yang sudah menelan korban dengan mulai kolapnya perusahaan perusahaan properti kecil karena tidak mampu lagi mencetak cash flow.

Disisi lain sangat kontras sekali kondisi perusaan tersebut dengan harga saham nya di market. Per tanggal 18 september 2020 kemarin banyak saham saham yang saat ini dalam kondisi rugi atau bahkan sudah megap megap hampir colaps harga saham nya malah naik luar biasa. Sebagai trader bagaiman kita menyikapi kondisi seperti ini. 

Pertama tentu kita harus mengambil kesempat ini untuk mendapatkan profit sebesar besar nya dari kondisi seperti saat ini. Moment seperti ini bisa memberikan keuntungan puluhan persen dalam waktu singkat. Tapi selalu ada resiko dalam setiap action kita untuk mendapatkan profit besar dalam waktu  singkat. Temtunya resiko ini tidaklah kecil, karena perusahaan yang kita tradingkan bukan perusahaan yang sehat. 

Kedua, jika kita berani mengambil momentum ini tentu sebagai trader harus sangat disiplin dengan trading plan yang kita buat. Kedisiplinan kita dengan trading plan ini sangat penting untuk menjaga modal kita tetap selamat. Karena saya punya aturan trading, keselamatan modal adalah yang pertama.

Ketiga, money management langkah ini melindungi kita dari kondisi total lose karena kejadian yang tidak terduga. Karena kondisi saat ini yang sangat tidak stabil money management extra ketat tentu sangat dibutuhkan. Ditambah lagi jika saham yang sedang kita ambil momentumnya adalah saham perusaan sakit.

Keempat, mental. Apapun hasil yang kita peroleh jika kita sudah mengambil momentum untuk ikut ambil bagian trading yang memiliki resiko besar kita harus bisa menerimanya. Mental kita harus kuat jika terjadi lose atau pun profit. Dan harus dengan besar hati menerima kenyataan.

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat, Happy profit. t.me/investorsahamcorner

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kode Broker Saham Terbaru BEI

Benarkah Analisa Technical Tidak Berguna?

Sekenario lanjutan IHSG setelah menutup gap 5016