Skenario asing jaulan 2,2T tapi IHSG naik,

Kembali ke tanggal 2 Agustus 2020 waktu itu IHSG jatuh cukup dalam karena asing keluar 1,4T hari berikut nya bukanya IHSG drob ternyata malah rebound dan terus Relly hingga titik tertinggi 5371 namun di terus terusan disertai arus keluar dana asing yang nilainya jumbo, total 8,xxT sebelum hari kejatuhan IHSG Minggu kemarin. 

Saya pernah memberikan warning tgl 03 Agustus 2020 melalui akun investorsahamcorner waktu itu untuk mulai melepas saham dan mulai pegang cash. Hal yang saya kawatirkan terjadi yaitu tepatnya Minggu kemarin IHSG langsung dibanting.

Dari bantingan kemarin selama 2 hari asing malah bisa keluar sekitar 3,1T dalam 2hari namun berhasil rebound. Dari sini saya mengambil kesimpulan jebakan asing lewat uforia investor lokal yang mengira IHSG sudah diskon besar dan akan kembali diangkat tinggi seperti setelah koreksi tanggal 2 Agustus 2020. 

Dengan kondisi saat ini saya berfikir bahwa lebih baik saya telat masuk dan kehilangan sedikit momentum dari pada saya menjadi korban karena terlalu berani melawan arus uang besar yang punya komando. 

Jika memang salah mungkin belum rejeki dikoreksi kemarin, tetapi setidak nya saya menjaga diri dari kehilangan modal dari uforia yang tidak rasional. Selanjutnya mari kita lihat sama sama kemana arah IHSG?


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kode Broker Saham Terbaru BEI

Benarkah Analisa Technical Tidak Berguna?

Perusahaan Rugi, Tapi Sahamnya Melambung. Kita Harus Apa?